Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Membangun Kos Secara Efektif dan Efisien

Membangun Kost harus dengan pertimbangan yang seefektif dan seefisien mungkin dalam penggunaan bujet dan ruang untuk membangunnya. Hal ini tujuannya adalah agar dapat mudah dikembangkan di kemudian hari. Karena kalau dibangun secara asal akan menyebabkan pemborosan baik secara finansial maupun waktu.

 

Membangun kost harus dilakukan dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Meskipun secara umum telah diketahui bahwa usaha kos tidak ada matinya terutama untuk lokasi sekitar kampus atau pabrik, namun tetap saja diperlukan pertimbangan yang matang untuk menetapkan dan memantabkan hati akan berbisnis kos.

 

Membangun kos yang asal tersebut dikarenakan selama ini ada asumsi bahwa mengelola kos itu mudah. Oleh karena itu masih banyak usaha kos, terutama kos gaya tradisional yang kurang dalam planning membangun bisnis kosnya.

 

Padahal sebenarnya bisnis kos seringnya tidak semudah yang dibayangkan. Bisnis kos tidak melulu tentang membangun rumah dengan desain kamar-kamar lalu jadi kemudian menghasilkan uang. Ada beberapa faktor lain yang tidak semudah yang dibayangkan tersebut.

 

Di antara yang perlu dipikirkan oleh mereka yang hendak membangun kos adalah sebagai berikut :  

 

1. Bisnis kos perlu banyak biaya

Bahwa membangun rumah kos ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika anda sudah memiliki lahan, dan dengan posisi yang strategis seperti dekat dengan kampus atau pabrik, biaya untuk membangun kos setidaknya dibutuhkan dana antara 400 – 500 juta rupiah. Inipun perkiraan “hanya” maksimal untuk 15 kamar.

 

Memulai bisnis kos secara konvensional besar biayanyaMemulai bisnis kos secara konvensional besar biayanya

 

Dengan asumsi per kamar bisa menghasilkan pendapatan bersih 250 ribu/ bulan, maka untuk 15 kamar diperkirakan akan mendapatkan pemasukan antara 3,25 juta sampai dengan 3,5 juta per- bulannya.

 

Jika tanpa mempertimbangkan aset bangunan, setidaknya perlu waktu lebih dari 10 tahun untuk balik modal.

 

Namun jika hanya mempertimbangkan “pasif income” nya saja maka dirasa pendapatan 3-3,5 juta per bulan sudah cukup lumayan. Asal belum tidak dihitung biaya operasional, perbaikan, dan biaya penyusutan. Sebuah bangunan penyusutannya berapa tahun belum dihitung.

 

2. Benarkah bisnis kos tidak rugi karena aset tetap dan naik terus nilainya?

Anda mungkin berpikir bahwa bisnis kos tidak ada ruginya. Karena meskipun taruhlah tidak ada orang yang mau menghuni rumah kos kita, maka kita masih bisa menjual propertinya.

 

Memang benar bahwa nilai properti anda sesuai dengan biaya membangunnya dan dapat saja terus bertambah seiring waktu. Namun perlu diketahui bahwa menjual properti terutama dengan desain monoton seperti rumah kost juga bukanlah perkara yang gampang.

 

Jangankan menjual properti rumah kos, menjual properti biasa saja seringnya diperlukan waktu berbulan-bulan (lebih dari 3 bulan) untuk dapat terjual. Dan inipun biasanya harus memberikan fee yang besar kepada pihak makelar/ agen. Belum jika ada permasalahan lain. Seringkali sesudah deal-pun masih bisa untuk di-cancel. Hal ini dapat saja membuat stress.

 

Oleh karena itu perlu dianalisa dulu dari sudut pandang efektifitas dan efisiensi.

 

Amsol Sikos memudahkan pencatatanAmsol Sikos memudahkan pencatatan

 

Pengertian Efektif dan Efisien

Sebagaimana dikutip dari salamadian, berikut pengertian efektif dan efisien :

 

Efektif dan Efisien

Tujuan dapat tercapai dengan cepat dan biaya yang hemat.

 

Efektif tapi Tidak Efisien

Tujuan dapat tercapai dengan cepat namun biaya yang dikeluarkan tinggi

 

Tidak Efektif tapi Efisien

Tujuan lama tercapai atau bahkan tidak tercapai karena cara-cara untuk mencapai tujuan tidak jelas, namun biaya sedikit.

 

Tidak Efektif dan Tidak Efisien

Tujuan lama tercapai atau besar kemungkinan tidak akan tercapai dan beban yang dikeluarkan tinggi. Ini karena pekerjaan tidak dilakukan dengan step by step yang benar dan tanpa perhitungan biaya.

 

Pengertian Efektifitas dalam membangun Kost

Efektif adalah mampu mengontrol bisnis kos anda sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Contoh misalnya pada saat mulai membangun. Anda berhasil menekan pemborong untuk mengerjakan rumah kos anda sesuai waktu yang telah ditentukan.

 

Hal ini bisa dilakukan hanya jika desain di awal pembangunan telah fix. Betapa banyak orang yang minta perubahan desain di perjalanan penggarapan. Akhirnya malah menyebabkan penggarapan menjadi molor dan biaya membengkak.

 

Contoh lainnya adalah : keberhasilan mendapatkan penghuni sesuai dengan target yang diharapkan tepat pada waktunya atau bahkan sebelum target waktu terlampaui. Ini adalah termasuk bagian dari kinerja yang efektif.

 

Pengertian Efisiensi dalam membangun Kost

Efisien adalah mampu mengontrol kegiatan bisnis kos dengan pembatasan bujet yang telah direncanakan.

 

Contoh misalnya untuk operasional bulanan berhasil dikalkulasi dengan tepat sehingga tidak ada double pembayaran atau bahkan tagihan yang terpaksa berlebih.

 

Misalnya saja penggunaan lampu dimana dengan dimatikan ketika tidak dipergunakan maka dapat memangkas biaya listrik bulanan. Atau seperti penggunaan TV dan AC yang dimatikan ketika penghuni tidak memakainya. Ini juga bisa memangkas biaya listrik secara signifikan.

 

Implementasi konsep efektif dan efisien dalam membangun bisnis Kos (pengelolaan)

  1. Membagi waktu

Bagi waktu anda selama sepekan ke dalam beberapa sub kegiatan. Misalnya anda memiliki pekerjaan lain selain mengurusi kos-kosan anda. Maka bagi ke dalam planning kegiatan anda. Jadi ketika anda waktunya mengurusi bisnis kos, anda tidak terganggu oleh kegiatan/ bisnis yang lain

 

  1. Membuat jadwal

Setelah kegiatan mengurusi usaha kost anda telah anda tentukan waktunya (misalkan dalam satu hari penuh) maka tentukan jadwal apa yang perlu dilakukan pada saat waktunya nanti. Jangan sampai belum disiapkan jadwal yang akan dikerjakan. Bisa-bisa malah bingung mau ngerjakan apa. Kalau perlu catat di buku khusus/ aplikasi khusus. Sudah banyak aplikasi yang bisa anda gunakan saat ini seperti trello contohnya. 

 

  1. Memikirkan untuk Sandaran setiap kegiatan

Biasanya banyak orang yang lupa menaruh barang-barang kecil karena tidak memiliki tempat khusus. Misalnya ketika di rumah di mana tempat untuk menaruh kunci rumah dan kontak mobil.

 

Bahkan sekedar pulpen saja bingung naruhnya dimana. Oleh karena itu tentukan tempat khusus untuk barang-barang tersebut agar anda mudah mencarinya ketika membutuhkan. Dan anda harus disiplin untuk senantiasa menaruh barang-barang tersebut di tempatnya tersebut. Jangan biarkan dijangkau anak-anak agar tidak hilang karena dibuat untuk mainan.

 

  1. Menghilangkan gangguan-gangguan/ distraksi

Gangguan-gangguan seperti SMS atau whatsapp, akun facebook yang menyala, email yang berbunyi notifikasinya, bisa saja membuat anda terdistraksi sehingga tidak fokus untuk bekerja. Sekali waktu anda teralihkan dari pekerjaan.

 

Awalnya toleransi beberapa menit. Lama kelamaan malah membuat anda keasyikan. Disitu pentingnya untuk menyingkirkan hal-hal yang dapat membuat anda terdistraksi tersebut.

 

  1. Menggunakan software sistem yang terintegrasi

Saat ini sudah ada software Sistem Informasi Kos yang bagus dan berkonsep integrated. Bahkan pegawai anda bisa bekerja secara simultan bersama-sama. Contohnya adalah software Amsol Sikos ini.

 

Amsol Sikos Software Manajemen Kost terlengkap jual lepasAmsol Sikos Software Manajemen Kost terlengkap jual lepas

 

Anda bisa memilih software mana yang sesuai kebutuhan anda. Klik disni untuk lebih dalam mengetahui software Manajemen Amsol Sikos. InsyaAllah pelayanan pasca beli juga bagus.

 

  1. Mendapatkan vendor yang bagus pelayanannya.

Amanah Solution selaku pengembang Amsol Sikos insyaAllah siap membantu anda.

 

  1. Jangan terburu-buru

Sering dijumpai orang-orang karena saking inginnya cepat selesai malah terburu-buru. Tapi endingnya malah lebih lama karena banyak kekacauan yang diakibatkan oleh keterburu-buruan. Semisal menabrak sesuatu, menjatuhkan benda, atau bahkan tanpa sengaja terjatuh karena tersandung sesuatu. Inginnya menyingkat waktu malah akhirnya lebih lama.

 

  1. Jangan multitasking

Cukup kerjakan satu pekerjaan saja terutama pekerjaan yang membutuhkan pemikiran seperti semisal menghitung uang cashflow. Karena hal ini membutuhkan pemikiran yang mendalam dan cermat.

 

Beda lagi semisal pekerjaan memasak, banyak orang terutama wanita yang bisa melakukannya. Seperti menunggu matangnya adonan bisa disambi dengan mengiris bawang, merajang tumis, dan lain sebagainya.

 

  1. Rencanakan pekerjaan dan selesaikan urusan di lokasi kos hari itu juga.

Sebelum anda berangkat ke lokasi kos anda, rencanakan dulu di rumah sebelum keberangkatan apa saja yang akan anda lakukan. Rencana tersebut baiknya anda list dalam catatan khusus. Baru sesudah yakin anda silahkan berangkat. Pastikan semua daftar di catatan tersebut telah anda laksanakan ketika anda mau berangkat balik pulang.

 

Dari implementasi dengan konsep efektif dan efisien di atas jika didokumentasikan dengan benar, maka dapat terwujud SOP (Standar Operasional Prosedure) yang baik.

 

Menurut kajianpustaka, Standar Operasional Prosedure (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.

 

SOP biasanya terdiri dari manfaat, kapan dibuat atau direvisi, metode penulisan prosedur, serta dilengkapi oleh bagan flowchart di bagian akhir (Laksmi, 2008:52).

 

Setiap perusahaan bagaimanapun bentuk dan apapun jenisnya, membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap elemen atau unit perusahaan. Standar Operasional Prosedure (SOP) adalah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapihkan dan menertibkan pekerjaan. Sistem ini berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.

 

SOP inilah yang bisa dijadikan rujukan untuk pengembangan kost anda menjadi lebih besar lagi.

 

Pertimbangan pokok dalam Pengembangan Bisnis Kos adalah manajemen proses bisnis kesehariannya. Di mulai dari pencatatan masuk-keluar penghuni, dokumentasi data penghuni, sampai dengan pencatatan pembayaran uang kos baik dari pendapatan pokok maupun pendapatan lain-lain.

 

Dengan menggunakan Sistem Pencatatan yang baik, dan juga adanya SOP, insyaAllah menduplikasi bisnis kos anda ke cabang lokasi baru akan lebih mudah, efektif, dan efisien. Dengan SOP dan software Manajemen Kos yang berkonsep integrated menjadikan bisnis anda mudah untuk menjadikan hal tersebut sebagai portofolio. Lalu portofolio ini anda dokumentasikan ke dalam bentuk proposal yang menarik yang bisa ditawarkan ke orang pemilik properti yang “nganggur” untuk bekerjasama mendirikan bisnis kos dengan sistem bagi hasil.

 

Kini sudah hadir software Sistem Informasi Kos untuk pebisnis Milenia. Berkonsep integrated dengan menghubungkan antara penghuni dengan sistem secara langsung memungkinkan minimalisasi pekerjaan sampai dengan 80 % lebih.

 

Bahkan akan dengan mudah bekerjasama dengan pemilik properti yang tidak dimanfaatkan propertinya tersebut untuk kemudian kita gunakan sebagai salah satu cabang lokasi kos kita. Klik disini.

 

Kunci dari pengembangan kos yang efektif dan efisien

Kunci dari pengembangan kos yang efektif dan efisien adalah :

  • Adanya SOP. Semakin detil SOP nya insyaAllah semakin cepat pula pengembangan bisnis kos anda

 

 

  • Adanya kerjasama dengan pemilik properti lain yang siap diajak kerjasama membangun bisnis kos. Konsep ini saat ini sudah diadopsi oleh Airy dan Reddoorz. Mereka gabungan berdua setidaknya sudah memiliki 20.000 kamar di seluruh Indonesia

 

Siap menjadi pengusaha sekelas Airy dan Reddoorz ? Matangkan ketiga elemen ini dan larilah dengan kencang menembus batas.

 

 

Untuk mendapatkan link trial demo dan harga terbaik Amsol Sikos untuk usaha kos/ penginapan anda, kontak kami sekarang juga (Klik salah satu icon berikut sesuai perangkat yang anda gunakan)

Whatsapp Web Whatsapp Web  --> for komputer/ laptop

whatsapp smartphone Whatsapp Smartphone --> for smartphone