Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

 

Software As a Service adalah sebuah layanan yang relatif baru berkembang dewasa ini yang dimunculkan sebagai salah satu solusi yang ditawarkan dalam rangka menjawab problem pembiayaan software yang dianggap terlalu besar oleh pengguna. Maklum saja, karena untuk melakukan kegiatan pengembangan sebuah software (apalagi yang berkonsep sistem informasi terintegrasi) diperlukan biaya yang sangat besar.

 
Nah Software As a Service ini merupakan solusinya.
Beberapa vendor besar saat ini sudah beralih ke penawaran berbagai produk yang sifatnya software as a service. Bahkan seperti Microsoft, Adobe, Oracle, dan vendor-vendor besar sudah seperti itu di beberapa tahun terakhir ini sistem penjualannya. Tidak ada lagi jual lepas.
 

Software as A ServiceSoftware as A Service

Software as A Service

 
Secara prinsip kerja, Software As a Service adalah dimana software dibuat dengan sistem cloud yang terinstal di server punya-nya vendor pengembang. Kemudian pengguna mengakses nya menggunakan jaringan internet. Untuk pembiayaannya, adalah dengan cara sistem sewa per periode waktu tertentu, entah itu perbulan atau per tahun. Khusus untuk software manajemen kos-kosan biasanya sistem biayanya adalah dengan per kamar per bulannya.
 
Dengan kondisi di lapangan dimana saat ini jaringan internet sudah cukup luas jangkauannya, secara sekilas tampaknya konsep ini merupakan win win Solution antara vendor dan pemilik kos. Tapi benarkah ? Mari kita analisa dari sudut pandang yang sedikit berbeda.
 

 
Mari kita mulai dengan meninjau dari sudut pandang dalam hal keamanan data. Apakah anda yakin benar-benar bahwa data Anda aman di server vendor ? Ini pertanyaan mendasarnya.
 
Kalau dari sisi aman dari virus atau hacking, saya percaya insya Allah data anda aman. Karena biasanya selalu ada tim khusus di layanan tersebut yang memang fokus di situ. Namun kalo yang dimaksud keamanan adalah data Anda benar-benar tidak diapa-apakan, maka ini yang menimbulkan perasaan sangsi. Benarkah ?
 
Perlu kita ketahui, bahwa pada dasarnya data yang tersimpan di server memiliki algoritma tertentu sebagaimana sistem database yang telah di tentukan konfigurasinya oleh provider. Dengan database yang telah Seattle algoritma sistematika-nya tersebut, maka cukup mudah data tersebut untuk di generate menjadi bentuk laporan tertentu sesuai keinginan.

 

Misalnya saja secara sederhana seperti laporan berapa jumlah kos-kosannya per periode tanggal untuk sebuah wilayah tertentu. Maka ketersediaan data ini sangat mudah didapatkan dengan meng-generate dari data yang ada di server tersebut.

 

Kemudian selain itu juga misalnya kita ingin mengetahui laporan data berapa kos-kosan yang memiliki jumlah penghuni sebesar angka tertentu dalam kurun waktu tertentu. Kemudian juga contoh lain ketika kita ingin mengetahui berapa perkembangan jumlah kos-kosan di titik-titik tertentu. Dan banyak laporan  yang bisa di-generated dari data yang ada di server tersebut.

 
Tentunya laporan-laporan hasil generated ini bisa dimanfaatkan oleh provider untuk menganalisa keadaan di lapangan. Implementasinya adalah dengan membaca peta data tersebut, orang bisa memanfaatkannya untuk feasibilty bisnis tertentu atau bisa juga dijual ke pihak lain dengan imbalan tertentu.

 
Yang paling sederhana bisa saja dijual ke pihak perusahaan pengiklan untuk kepentingan pemasaran produk-produknya. Sehingga tidak heran jika pada saatnya nanti akan ada kegiatan marketing berbagai produk untuk kos anda. Penawaran penawaran yang sifatnya satu niche dengan jasa usaha anda.
 
Saya masih ingat betul contoh pemanfaatan data yang dilakukan oleh salah sebuah marketplace besar di Indonesia. Dimana kisahnya ada sebuah UKM yang berjualan di marketplace tersebut.

 

pemanfaatan data untuk kepentingan lainpemanfaatan data untuk kepentingan lain

 pemanfaatan data untuk kepentingan lain

 

Tampaknya berjualan di marketplace tersebut cukup laris. Namun tak lama kemudian karena sesuatu dan lain hal (yang sepertinya seakan-akan dibuat-buat) tiba-tiba diputus hak UKM tersebut untuk berjualan di marketplace yang dia tempati ini. Dan tidak berapa lama ternyata di situ muncul produk baru yang sangat mirip sama persis dengan produk yang dijual UKM tersebut. Dari sini kita bisa tahu bahwa ada resiko pemanfaatan data Anda di layanan yang Anda gunakan yang bisa saja dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis pihak tertentu. Bahkan "mengambilalih" bisnis anda.

 
 
Kita insyaAllah tidak su'udzon, namun demikian di lapangan ternyata kenyataan mengindikasikan keadaan ke arah sana. Karena di zaman ini harta yang paling berkilau adalah data. Dengan data maka bisa dimainkan ke arah mana bisnis yang bisa dikembangkan untuk menjawab laporan data tersebut.
 

 

Tapi tenang saja.InsyaAllah selalu ada solusi.

 
Salah satu solusinya adalah dengan cara membeli software sistem informasi yang sifatnya dijual lepas.

Amsol Sikos merupakan salah satu software yang menjawab hal tersebut. Diantara keunggulannya adalah source code-nya yang di-open. sehingga Anda dapat melihat langsung codingnya di mana saja jika ada kecurangan. 
 
Kemudian perlu di ketahui juga bahwa untuk melakukan kegiatan phising data dan men-generated-nya menjadi laporan yang dapat dibaca sesuai dengan data pasar, itu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga biasanya hanya vendor besar yang bisa melakukannya karena mereka memiliki data dan resource SDM yang melimpah. Adapun Amanah Solution sebagai pengembang Amsol Sikos hanyalah UKM kecil yang tidak mungkin bisa melakukan itu. Untuk melakukan kegiatan tersebut jelas tidak memiliki sumber daya.
 
Selain itu jika kita melakukan pembelian produk Amsol Sikos ke Amanah Solution, biasanya selalu ditawari untuk menggunakan hosting sendiri ataukah di-instal secara lokal pada komputer lokal pemilik usaha kost. Kedua-duanya bebas Anda lihat dalamannya dan tidak mungkin terkoneksi dengan jaringan yang mengambil data. Oleh karena itu tidak ada phissing, insya Allah aman dari kegiatan pemanfaatan data untuk yang tidak sesuai peruntukannya.

 

Anda pun dapat meminta akses ke Cpanel hosting yang telah di berikan oleh Amanah Solution. Perlu diketahui bahwa akses ke cpanel merupakan akses level tertinggi untuk melihat sebuah software sistem informasi yang biasanya untuk vendor besar hanya bisa di akses oleh programmer programmer nya.
 
Memang Amsol Sikos harganya cukup tinggi terutama di awal jika dibandingkan dengan biaya Software As a Service yang sistem sewa tersebut. Bayangkan saja dengan konsep Software As a Service paket yang hanya 6 ribu rupiah per kamar per bulan juga ada. Namun data anda tidak aman. Bisa saja digunakan untuk kegiatan sebagaimana paparan di atas yang bisa saja mengancam bisnis anda pada suatu waktu nanti.

 

Akan tetapi harga yang ditawarkan Amsol Sikos sebenarnya masih cukup terjangkau jika dilihat dari sisi kemudahan dan proteksi terhadap penyalahgunaan data. Dan juga jangan lupa bahwa dengan membeli nantinya Amsol Sikos akan benar-benar menjadi hak Anda sepenuhnya (untuk satu license).

 

Saya kira dengan harga yang hanya segitu (yang hanya sebesar itu yang hanya antara 3 juta sampai dengan 9 juta tersebut, belum termasuk diskon), untuk usaha kost menengah, hanya dalam waktu 2 sampai 3 bulan (paling lama) itu sudah BEP. Saya yakin itu. Sangat worthed untuk menunjang bisnis anda selamanya.
 
Oleh karena itu keputusan untuk memanfaatkan software yang dijual lepas oleh Amanah Solution yaitu Amsol Sikos merupakan keputusan yang sangat bijaksana jika anda tidak menghendaki di kemudian hari data Anda yang tersimpan di server provider dimanfaatkan untuk kegiatan kegiatan tertentu yang menguntungkan provider. Tapi tentu saja lain lagi ceritanya jika anda berkenan dengan pemanfaatan data Anda untuk kepentingan provider. Maka tidak masalah menggunakan jasa provider. 

 

Amsol Sikos tetaplah pilihan terbaikAmsol Sikos tetaplah pilihan terbaik

Amsol Sikos tetaplah pilihan terbaik

 
 
Sekali lagi saat ini trendnya semuanya ke sana (Software as A Service). Google saja sebagai pemain kelas hiu di bisnis internet sudah biasa memanfaatkan data untuk kegiatan-kegiatan seperti ini. Demikian juga Facebook dan lain sebagainya. Akankah bisnis usaha kos anda juga akan anda lacur-kan juga datanya padahal anda sudah membayar sewa secara bulanan ke provider. Semua pilihan dikembalikan kepada anda.

Semoga ulasan ini bisa sedikit memberi manfaat.

 

 

Untuk mendapatkan link trial demo dan harga terbaik Amsol Sikos untuk usaha kos/ penginapan anda, kontak kami sekarang juga (Klik salah satu icon berikut sesuai perangkat yang anda gunakan)

Whatsapp Web Whatsapp Web  --> for komputer/ laptop

whatsapp smartphone Whatsapp Smartphone --> for smartphone